SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 09 : (Mendengarkan) Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
09.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar | Pidato | · Mendengarkan pidato · Mendiskusikan hal-hal pokok dalam pidato · Menyimpulkan pidato dalam beberapa kalimat | o Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato o Mampu menyimpulkan pesan pidato | Tes tulis | Tes uraian | Tulislah hal-hal pokok dari pidato yang kamu dengar! Simpulkan pesan pidato yang kamu dengar ke dalam beberapa kalimat! | 2 x 40 menit | Rekaman pidato |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 09 : (Mendengarkan) Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
09.2 Memberi komentar tentang isi pidato | Pidato | · Mendengarkan pidato · Mencermati simpulan pidato yang telah dibuat · Berdiskusi untuk menentukan isi pidato · Memberi komentar tentang isi pidato dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun | o Mampu menentukan isi pidato o Mampu memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang pidato | Observasi | Lembar observasi | · Penentuan isi : tepat/kurang tepat/tidak tepat · Komentar tentang isi pidato. Alasan : logis/kurang/ tidak logis Bahasa : santun/ kurang/tidak santun | 2 x 40’ | Rekaman pidato |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 10 : (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas | Pidato | · Mengamati dan mencermati pidato · Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato dengan topik lain · Mengembangkan kerangka pidato · Berlatih berpidato · Melaksanakan kegiatan pidato dengan tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas | o Mampu menyusun garis besar kerangka pidato o Mampu berpidato dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume yang jelas | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja produk | · Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topik tertentu! · Berpidatolah dengan intonasi yang tepat, serta artikulasi dan volume suara yang jelas! | 2 x 40 menit | Acara perhelatan Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 10 : (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi | Diskusi | · Mengamati diskusi yang diperankan oleh narasumber (menonton tayangan diskusi) · Bertanya jawab untuk menyimpulkan mekanisme diskusi · Menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi · Menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas yang membahas pidato tentang lingkungan sekolah | oMampu menyimpulkan mekanisme diskusi oMampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi oMampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas | Observasi | Lembar observasi | · Penyimpulan mekanisme diskusi : tepat/kurang/ tidak tepat · Penyimpulan prinsip-prinsip diskusi · Penerapan prinsip-prinsip diskusi | 2 x 40’ | Lingkungan nara sumber/ rekaman diskusi Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 11 : (Membaca) Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instruman | Contoh Instruman | ||||||
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif. | Gagasan dalam wacana Cara pengutipan | · Membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai ggasan yang terdapat di dalamnya · Membaca artikel dan/atau buku dengan cara mengutip pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam penulisan karya ilmiah | o Menemukan gagasan dari artikel o Menemukan gagasan dari buku o Mengutip pernyatan dari artikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis | Tes tulis Tes tulis | Tes uraian Tes uraian | · Tunjukkan gagasan penulis yang terdapat di dalam suatu artukel/buku! · Tulislah sebuah paragraf mengenai .....yang berisi kutipan/pendapat dari seorang ahli! | 2 x 40 menit | Wacana dalam artikel dan/atau buku. Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 11 : (Membaca) Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instruman | Contoh Instruman | ||||||
11.2 mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif. | Grafik, tabel, atau bagan | · Membaca insentif grafik/tabel/bagan. · Berdiskusi untuk menentukan isi grafik/tabel/bagan · Memaparkan isi grafik/tabel/bagan ke dalam beberapa kalimat | o Mengidentifikasi isi grafik, tabel, atau bagan o Memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat. | Tes tulis | Tes uraian | ·Identifikasilah isi grafik, tabel, atau bagan berikut ini! ·Ubahlah sajian grafik/tabel/ bagan berikut ini ke dalam beberapa kalimat! ·Sampaikan saran secara lisan perkelompok. | 4 x 40 menit | Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 11 : (Membaca) Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 200 kata per menit | Teks bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya | · Menyiapkan stopwatch dan teks bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya. · Secara berpasangan siswa bergantian membaca teks bacaan dan yang lain mengukur kecepatan membacanya. · Menjawab pertanyaan bacaan yang sudah disiapkan. · Menyimpulkan gagasan utama bacaan. | o Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman. o Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% o Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks | Tes tulis | Tes uraian | · Ukurlah kecepatan membaca temanmu! · Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! · Apakah gagasan utama bacaan? | 2 x 40’ | Stopwatch Bacaan umum Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 12 : (Menulis) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagi sumber | Karya tulis | · Mengamati dan mencermati karya tulis · Berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis · Menentukan sebuah topik untuk karya tulis. · Menyusun kerangka karya tulis. · Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis. · Menyusun karya tulis dengan sistematika yang baik · Menyunting karya tulis · Menyimpulkan saran-saran yang disampaikan | o Mampu menentukan sistematika karya tulis. o Mampu menuliskan catatan pustaka san daftar pustaka sebagai rujukan o Mampu menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber. o Mampu menyunting karya tulis. | penugasan portofolio | Tugas kelompok Dokumen teks pidato siswa (draf 1) dan sudah diperbaiki berdasarkan masukan teman dan/guru | · Susunlah suatu karya tulis dengan topik “pendidikan di suatu sekolah”buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber referensi yang kamu gunakan! Waktu: 1 minggu | 4 x 40’ | Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis. Lingkungan alam sekitar. Buku referensi Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 12 : (Menulis) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
12.2 Menulis teks pidato/ ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif | Teks pidato/ ceramah/ khotbah | · Mencermati teks pidato/ceramah/ khotbah · Berdiskusi untuk menentukan sistematika pidato/ceramah/ khotbah · Menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah yang akan disampaikan · Menyususn kerangka pidato · Mengembangkan kerangka pidato menjadi pidato dengan sistematika yang baik dan bahasa yang efektif · Menyunting pidato | o Mampu menentukan tema pidato/ceramah/ khotbah o Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/ khotbah o Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/ khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik o Mampu menyunting teks pidato/ceramah/ khotbah yang ditulisnya | Tes unjuk kerja portofolio | Uji petik kerja prosedur dan produk Dokumen teks pidato siswa (draf 1) dan yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan teman | · Susunlah teks pidato/ ceramah/ khotbah melalui langkah-langkah menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap akhir! | 4 x 40’ | Buku-buku pidato/ ceramah/khotbah Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 12 : (Menulis) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah | Surat pembaca | · Membaca dan mencermati surat pembaca yang diambil dari media cetak · Berdiskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca · Mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan permasalahan/usul/sarana yang akan disampaikan dalam surat pembaca · Menulis surat pembaca · Menyunting surat pembaca · Memilih tiga surat pembaca terbaik untuk ditempel di majalah dinding sekolah | o Mampu menentukan hal-hal pokok dalam surat pembaca o Mampu menentukan permasalahan/ usulan/saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca o Mampu menulis surat pembaca o Mampu menyunting surat pembaca | Tes tulis portofolio | Tes uraian Dokumen cerpen siswa (draf 1) dan yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan teman dan/atau guru | · Sebutkan hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca! · Tulislah surat pembaca yang berisi permasalahan/ usulan/saran yang berhubungan dengan lingkungan sekolah! · Suntinglah surat pembaca yang sudah kamu tulis! | 4 x 40’ | Buku-buku pidato/ ceramah/khotbah Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 13 : (Mendengarkan ) Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/synopsis novel
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
13.1 menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan | Tokoh-tokoh dalam novel | · Mendengarkan pembacaan kutipan novel · Menentukan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam kutipan suatu novel · Menentukan sifat/watak tokoh | o Mampu menenukan tokoh-tokoh o Mampu menentukan sifat tokoh dengan alasan yang meyakinkan | Tes tulis | Tes uraian | · Siapa yang dapat dipandang tokoh sentral dan tokoh antagonis yang terdapat di dalam rekaman? · Bagaimanakah watak/sifat tokoh-tokoh yang terdapat di dalam rekaman kutipan novel? | 2 x 40’ | Rekaman kutipan novel/ roman |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 13 : (Mendengarkan) Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/synopsis novel
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
13.2 menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan | Sinopsis novel | · Mendengarkan pembacaan sinopsis novel · Berdiskusi untuk menentukan tahap-tahap alur · Mengidentifikasi peristiwa berdasarkan alurnya | o Mampu menenukan tahap-tahap alur o Mampu mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang didengar berdasarkan alurnya | Tes tulis | Tes uraian | · Bagaimanakah tahap-tahap alur yang terdapat dalam sinopsis novel X? · Identifikasilah peristiwa apa saja yan gterjadi dalam novel X berdasarkan alurnya! | 2 x 40’ | Rekaman sinopsis novel |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 14 : (Berbicara) Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis siswa. | Pementasan drama. | · Berdiskusi untuk menentukan hal-hal yang akan dibahas dalam pementasan drama berdasarkan naskah drama yang ditulis oleh siswa. · Menonton pementasan drama. · Membahas pementasan drama. | o Mampu menentukan hal-hal yang akan dibahas terkait dengan pementasan drama. o Mampu membahas pementasan drama melalui kegiatan diskusi. | observasi | Lembar observasi | · Penentuan hal-hal yang dibahas dalam pementasan drama : tepat/kurang tepat/tidak tepat. · Pembahasan pementasan drama. · Tata busana : baik/kurang. | 4 x 40’ | Drama |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 14 : (Berbicara) Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
14.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan siswa | Pementasan drama | · Berdiskusi untuk menentukan unsur-unsur yang dinilai dalam pementasan drama · Menyususn rubrik penilaian · Menonton pementasan drama yang dilakukan oleh siswa · Melakukan penilaian pementasan drama berdasarkan rubrik penilaian yang telah disepakati bersama | o Mampu menentukan unsur-unsur yang akan dinilai o Mampu menilai pementasan drama melalui kegiatan diskusi | Observasi Tes unjuk kerja | Lembar observasi Uji petik kerja | · Penentuan unsur-unsur yang akan dinilai dalam pementasan drama lengkap/ kurang. · Penghayatan tokoh X : baik/kurang | 2 x 40’ | Lingkungan Drama Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 15 : (Membaca) Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika, yang terdapat dalam novel angkatan 20-30an | Novel angkatan 20-30an | · Membaca novel angkatan 20-30an · Berdiskusi untuk menentukan kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat di dalam novel · Mengaitkan isi novel dengan kehidupan nyata masa kini | o Mampu mendata kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel o Mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini | Penugasan | Tugas rumah | · Bacalah novel X dari angkatan 20-30an! · Tunjukkan kebiasaan, adat, dan bentuk-bentuk etika yang terdapat di dalam novel X! · Bagaimanakah keterkaitan isi novel dengan kehidupan nyata sekarang? | 4 x 40’ | Novel Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 15 : (Membaca) Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
15.2 membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an | Novel angkatan 20-30an | · Membaca novel angkatan 20-30an · Mengidentifikasi karakteristik novel angkatan 20-30an · Mengidentifikasi karakteristik novel masa kini yang pernah dibaca · Membandingkan karakteristik novel angakatan 20-30an dengan novel masa kini | o Mampu mengidentifikasi karakteristik novel angkatan 20-30an o Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20an dengan novel masa kini | Penugasan | Tugas rumah | · Bacalah novel X dari angkatan 20-30an! · Identifikasikanlah karakteristik novel itu! · Bandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan novel mas kini yang pernah kamu baca! | 2 x 40’ | Novel Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 15 : (Membaca) Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
15.2 membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an | Novel angkatan 20-30an | · Membaca novel angkatan 20-30an · Mengidentifikasi karakteristik novel angkatan 20-30an · Mengidentifikasi karakteristik novel masa kini yang pernah dibaca · Membandingkan karakteristik novel angakatan 20-30an dengan novel masa kini | o Mampu mengidentifikasi karakteristik novel angkatan 20-30an o Mampu membandingkan karakteristik novel angkatan 20an dengan novel masa kini | Penugasan | Tugas rumah | · Bacalah novel X dari angkatan 20-30an! · Identifikasikanlah karakteristik novel itu! · Bandingkan karakteristik novel angkatan 20-30an dengan novel mas kini yang pernah kamu baca! | 2 x 40’ | Novel Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 16 : (Menulis) Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instruman | ||||||
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca | Naskah drama | · Membaca mengidentifikasi perbedaan gaya penulisan cerpen dan drama · Berdiskusi untuk mengidentifikasi perbedaan cerpen dan drama · Mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen · Mengubah cerpen menjadi naskah drama dengan memperhatikan pokok-pokok cerita · Menyunting naskah drama yang ditulisnya | o Mampu mengidentifikasi perbedaan gaya penulisan cerpen dan drama o Mampu mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen o Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibaca o Mampu menyunting naskah drama | Penugasan | Tugas rumah | · Susunlah suatu naskah drama berdasarkan cerita pendek X yang sudah kamu baca, kemudian suntingkanlah naskah drama itu! | 4 x 40’ | Cerpen Buku teks |
SILABUS
Sekolah : SMPN 5 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi 16 : (Menulis) Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata | Naskah drama | · Membaca naskah drama · Berdiskusi untuk menentukan sistematika dan unsur drama · Mengidentifikasi peristiwa yang ada di sekitar siswa/dialami siswa · Menyusun peristiwa untuk drama (1 babak) · Mengembangkan urutan peristiwa menjadi naskah drama satu babak dengan memperhatikan sistematika dan unsur drama · Menyunting naskah drama | o Mampu memilih peristiwa nyata yang akan didramakan o Mampu menyusun urutan peristiwa untuk satu babak o Mampu mengembangkan urutan peristiwa menjadi naskah drama satu babak o Mampu menyunting naskah drama | Penugasan Portofolio | Tugas kelompok Dokumen naskah drama ditulis siswa dan yang sudah diperbaiki berdasarkan masuka teman/guru | · Tulislah naskah drama berdasarkan peristiwa nyata yang ada di sekitarmu/kamu alami dengan langkah-langkah: pilihlah satu peristiwa nyata, susunlah urutan peristiwa untuk satu babak, kembangkan urutan peristiwa itu menjadi naskah drama 1 babak, kemudian suntinglah naskah itu! Waktu : 2 minggu | 8 x 40’ | Lingkungan Buku teks |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan berkomentar atau memberi masukan, di sini!