Minggu, 20 Februari 2011

Berbagai Pengertian Sosiolinguistik


1.    Sosiolinguistik sebagai kajian bahasa dalam hubungannya dengan masyarakat (Hudson, 1995: ).
2.    Sosiolinguistik adalah subdisiplin yang mempelajari bahasa dalam hubungan pemakaiannya di masyarakat (Chaer, 1994: ).
3.    Sosiolinguistik adalah suatu disiplin yang objek penelitiannya adalah bahasa dalam hubungannya dengan masyarakat (Anwar, 1990: ).
4.    Sosiolinguistik : ilmu tentang bahasa yang digunakan di dalam interaksi sosial; cabang linguistik tentang hubungan dan saling pengaruh antara perilaku bahasa dan perilaku sosial (Tim, 2003: 1085).
5.    Pengkajian bahasa dikaitkan dengan masyarakat pemakai bahasa ini disebut sosiolinguistik (Alwasilah, 1989: 1).
6.    Sosiolinguistik adalah cabang ilmu linguistik bersifat interdisipliner dengan ilmu sosiologi, dengan objek penelitian hubungan antara bahasa dengan faktor-faktor sosial di dalam suatu masyarakat tutur (Chaer, 1995: 5).
7.    Sosiolinguistik yaitu suatu kajian bahasa yang melibatkan sekelompok orang dalam satu masyarakat tutur (speech community) (Arimi, 2007).
8.    Sosiolinguistik adalah cabang linguistik yang mengkaji hubungan antara bahasa dan masyarakat penuturnya (Arimi, 2007).
9.      Istilah sosiolinguistik terdiri dari dua unsur : sosio dan linguistik, kata sosio berasal dari dari sosial yaitu yang berhubungan dengan masyarakat, kelompok-kelompok masyarakat dan aktifis kemasyarakatan sedangkan linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa, khususnya unsur-unsur bahasa (fonem, morfem, kata dan kalimat ) dan hubungan antar unsur-unsur ( struktur ) termasuk hakekat dan pembentukan unsur-unsur tersebut (Rozzana, 2001).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar atau memberi masukan, di sini!