Minggu, 20 Februari 2011

KONSEP DASAR KKBK & KTSP



Aspek yang berbeda
• Kegiatan belajar mengajar
ü Berpusat pada peserta didik
ü Mengembangkan kreativitas
ü Menciptakan kondisi yg menyenangkan & menantang
ü Kontekstual
ü Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
ü Belajar melalui berbuat

• Penilaian
Dilakukan oleh  Guru
Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan, bersifat internal, bagian dari pembelajaran, dan sebagai bahan untuk peningkatan mutu hasil belajar

Berorientasi pada kompetensi, mengacu pada patokan, ketuntasan belajar, dilakukan melalui berbagai cara, a.l.
Portfolios (kumpulan kerja siswa),
            Products (Hasil karya),
            Projects (Penugasan),
            Performances (Unjuk kerja), &
            Paper & Pen (tes tulis)

Pengelolaan kurikulum berbasis sekolah

ü Mengacu pada Visi dan Misi Sekolah
ü Pengembangan perangkat kurikulum  (a.l. silabus)
ü Pemberdayaan tenaga kependidikan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan mutu hasil belajar

ü Pemantauan dan Penilaian untuk meningkatkan efisiensi, kinerja dan kualitas pelayanan terhadap peserta didik
ü Berkolaborasi secara horizontal, dengan:
à Sekolah lain, Komite Sekolah, Organisasi Profesi
ü Berkolaborasi secara vertikal, dengan:
à Dewan, dan Dinas Pendidikan



PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM,    DISESUAIKAN DENGAN:
ü  SATUAN PENDIDIKAN,
ü  POTENSI DAERAH/ KARAKTERISTIK DAERAH,
ü  SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT SETEMPAT &
ü  PESERTA DIDIK

PENGEMBANGAN DIRI:
KEGIATAN BELAJAR & PEMBIASAAN
A.KEGIATAN RUTIN
Adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler, baik di kelas maupun di sekolah.
Bertujuan untuk membiasakan anak mengerjakan sesuatu dengan baik.

ü  Upacara, senam, sholat berjamaah, pemeriksaan kesehatan, pergi ke perpustakaan, dll

.

B.  KEGIATAN SPONTAN
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang.
Bertujuan untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga, terutama dalam disiplin dan sopan santun dan kebiasaan baik yang lain.

ü  Membiasakan memberi salam, Membiasakan membuang sampah pada tempatnya, Membiasakan antri, Membiasakan mengatasi silang pendapat
         (pertengkaran) dengan benar, dll



C.  KEGIATAN TELADAN
Adalah kegiatan yang diprogramkan dan direncanakan baik pada tingkat kelas maupun sekolah.
Bertujuan memberikan wawasan tambahan pada anak tentang unsur-unsur baru  dalam kehidupan bermasyarakat yang penting untuk perkembangan anak.

ü  Seminar/workshop:  aids, hemat energi, HAM/hak anak, dll.
ü  Kunjungan: panti asuhan, tempat/orang yang terkena musibah, tempat-tempat penting dll.
ü  Proyek: lomba, pentas, bazaar dll.




D.  KEGIATAN TERPROGRAM
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja yang lebih mengutamakan pemberian contoh dari guru dan pengelola pendidikan yang lain kepada muridnya.
Bertujuan memberikan contoh tentang kebiasaan yang baik.

ü  Memberi contoh berpakaian rapi
ü  Memberi contoh memuji hasil kerja yang baik
ü  Memberi contoh datang tepat waktu
ü  Memberi contoh hidup sederhana
ü  Memberi contoh tidak merokok Dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar atau memberi masukan, di sini!