Sabtu, 08 Januari 2011

Outdoor Activity : Pembelajaran Langsung di Lapangan

Ini pertama kalinya saya ikut Outdoor Activity (ODA) di SD Integral Luqman Al Hakim. Subhanallah...sungguh menyenangkan. Beberapa pembelajaran di kelas,diaplikasikan secara langsung di lapangan, yaitu di Pantai Kenjeran Lama.
Setiba para siswa sampai di lokasi, mereka melakukan wawancara dengan tema Profesi. Tema ini merupakan bagian dari pelajaran IPS Kelas 3 Semester 1, tentang Pekerjaan dan Semangat Kerja. Para siswa menjadi semakin mengerti tentang berbagai pekerjaan yang ada di sekitar pantai. Dari wawancara itu, mereka menjadi lebih faham tentang alasan memilih pekerjaan, tantangan kerja, resiko pekerjaan dan semangat kerja.

Beberapa profesi yang mereka temui di sana antara lain: nelayan, pembuat dan penjual kerajinan kerang, dan pedagang aneka makanan olahan hasil laut.

Setelah break beberapa menit, kemudian masuk ke sentra dagang. Para siswa membeli bernagai macam hasil laut untuk dijual kembali di sekolah. Ini merupakan bagian dari mteri IPS kelas 3, tentang jual beli.
Selanjutnya......
saatnya bersantai.

berlayar ke pulau Pasir. Pulau Pasir adalah bagian dangkal dalam laut. Untuk menuju ke sana, kita harus naik perahu kecil.


Uhui, bergaya di pulau Pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar atau memberi masukan, di sini!